Senin, 16 Januari 2012

Sudah Saatnya Tipikor dan KPK Bersihkan BBWS Citanduy


Banjar,   Sidak Post.
Dugaan Swakelola  Balai Besar Wilayah Sungai  (BBWS)   Citanduy diduga Melangar Keputusan Presiden Republik Indonesia No 50 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa   Hingga   ratusan   miliar  Dana   yang  gelontorkan   Pemerintah   Pusat untuk anggaran pembangunan   proyek    yang   ada   di   wilayah   BBWS   Citanduy,   tetapi   sangat  di sayangkan    ketika ....?...  
hal   tersebut    sudah   saatnya   BBWS   Citanduy   disentuh     jari-jari    hukum   Tipikor   ke   berbagai   lini,   sehingga    anggaran  yang   di  curigai   akan  di mark  up  serta    pekerjaan-pekerjaan    yang   sudah   di   laksanakan,    sehingga    uang    negara   bisa    di   selamatkan. 
                Praktik    kongkalikong    sejumlah    oknum   di   BBWS   Citanduy    di   duga melibatkan    orang   dalam   di   Intansi   tersebut    dengan    pihak   ketiga    yaitu    pihak   swasta.    Hal   tersebut   diduga  telah   merugikan   negara  sekitar  sembilan  miliar.  Demikian   di    sampaikan    narasumber   yang    tidak   mau    disebutkan    namanya.
Selanjutnya    narasumber   menjelaskan.  “ Pada    tahun   anggaran   2011  yang   lalu,   BBWS   Citanduy    melaksanakan   kegiatan    yang   sifatnya    pemeliharaan   dan    pembangunan  pada   Situ - Situ   dan   Sungai-sungai    di   Wilayah   BBWS   Citanduy  yang    lokasinya    bertempat    di   Kabupaten   Tasikmalaya,   Kabupaten   Ciamis   dan    Kabupaten    Cilacap  serta   Kota  Banjar  dengan  system   SWAKELOLA.  “Jelas  Narasumber,   yang  menjadi objek   kegiatan   tersebut   adalah:
1.       Perbaikan  /  Pemeliharaan  Situ – di  Kabupaten  Tasikmalaya  dan  Ciamis  sebanyak 7  buah  situ  yaitu  Situ  Cipajaran,   Situ  Malimping,  Situ  Garunggang   di  Kab. Tasikmalaya   dan   Situ   Rancamaya,   Situ Ciater,  Situ  Wangi,   Situ   (Embung) Ciganjeng    di  Kabupaten   Ciamis.
2.       Perbaikan   dan   pemeliharaan   Sungai  di   Kabupaten   Ciamis  diantaranya  yaitu Sungai    Ciseel    di   Blok   Binangun   dan   di  kota   Banjar   pekerjaan   pengerukan  Sungai   Citanduy  di  blok   Doboku    dengan   dugaan  menghabiskan    anggaran   biaya  sebesar   Rp  450  juta,   pekerjaan   tersebut   di  subkan   lagi   ke  rekanan   lain  senilai   Rp  50  jata   impormasi   ini  di  sampaikan   oleh    seorang   narasumber   dari   bandung .” jelas  Nara sumber.
Lanjut    Narasumber   selain   pekerjaan   tersebut   di  atas,   masih   banyak  pekerjaan   perbaikan   sungai-sungai   di  wilayah   kabupaten   cilacap.  Selanjutnya  Narasumber    mengatakan. “ Dugaan  biaya  yang  di  sediakan  untuk   semua  anggaran   tersebut,    berkisar   mencapai   kurang  lebih  20  milyaran  sampai  40 milyaran.   ”Kata  Narasuber.
Jika    mengacu   kepada    keputusan    Presiden   Republik   Indonesia   no.  54  tahun  2010   yang   dimaksud   dengan   istilah  pekerjaan   Swakelola   adalah  :
1.       Pekerjaan   yang   di  rencanakan,   dikerjakan   dan   di   awali   sendiri.
2.       Mempergunakan     pegawai   sendiri   dan   atau   menggunakan   tenaga   ahli.
Selanjutnya    dalam   Perpres   tersebut   telah   ditentukan   pula   kriteria   jenis – jenis pekerjaan   yang  di  kategorikan  dapat  di   swakelolakan   diantaranya   yaitu   sebagai berikut  :
a.       Pekerjaan   yang    bertujuan    untuk   meningkatkan    kemampuan   dan / atau memanfaatkan    kemampuan    teknis    sumber   daya   manusia   serta   sesuai dengan   tugas   pokok.
b.      Pekerjaan    yang    operasi   dan   pemeliharaannya   memerlukan   partisipasi langsung   masyarakat   setempat.
c.       Pekerjaan    yang   dilihat   dari   besaran,    sifat,   lokasi   atau   pembiayaannya    tidak di minati   oleh    penyedia    barang / jasa.
d.       Pekerjaan    yang   secara   rinci  /  detail   tidak  dapat   di   hitung  /  di  tentukan terlebih   dahulu   sehingga   apabila   di   laksanakan   oleh   penyedia   barang  /  jasa   akan   menimbulkan   ketidak   pastian   dan   resiko   yang   besar,   dll.
Narasumber    mengungkapkan.  “ Apa   bila   kita   perhatikan   secara   seksama   jenis – jenis   pekerjaan   yang   di swakelolakan    oleh   BBWS   Citanduy,   pada   kegiatan – kegiatan   tersebut   ternyata   banyak   yang   tidak   sesuai   dengan   persyaratan   yang   tercantum   dalam   Keppres,   khususnya    pada   butir  a  s/d  d   diatas.   Dengan   demikian   bisa   kita   simpulkan  bahwa   kebijakan   pimpinan   BBWS   Citanduy   di  dalam   penetapan   sistim   swkelola   pada   tahun   2011   hampir   sebagian   besar   telah   menyimpang   dari    keppres   no. 54   tahun  2010.  “Ungkap   Narasumber.
Selanjutnya    Narasumber    menerangkan.   “Sebagian   dugaan    yang   dapat   di   uraikan   di   bawah   ini   jenis – jenis   pekerjaan   yang   tidak   tepat   untuk   dimasukkan   dalam   kategori    swakelola    seperti  :
1.       Jenis    pekerjaan    pada   Situ – Situ  :
-          Pembuatan    bangunan    baru   seperti   Tembok   Penahan   Tanah   dan  Pekerjaan    Pengerukan.
2.       Jenis    pekerjaan    pada   Sungai  :
-          Pembuatan    bangunan    penguat    tebing   dan   normalisasi    Sungai.
Jika    ditinjau   dari   segi   teknis   manapun,   jenis – jenis   pekerjaan   tersebut,   semua itu   bisa   di   rencanakan   dan  di   hitung   terlebih   dahulu,   serta   jelas – jelas   pekerjaan    semuanya    sangat   diminati   kontraktor.    Terang    Narasumber.
LALU   APA   LATAR   BELAKANG   PIMPINAN    BBWS   CITANDUY    MENGELUARKAN     KEBIJAKAN    YANG   DI   DUGA   MENYIMPANG    INI..........???
Kesan    yang    timbul   dari   pemikiran    Narasumber    sebagai    berikit  :
1.       Akal – akalan    agar   terhindar   dari   lelang.
2.       Melaksanakan    penunjukan     secara   langsung   supaya    bisa    terselubung.
3.       Mungkin    dalam   rangka   menambahkan    pundi – pundi    “dana   taktis”   karena kalau     mengandalkan    sepenuhnya    partisipasi    dari    rekanan   hasil   proses pelelangan    di   rasa    tidak    “memadai”    karena   pada   umumnya    harga  -  harga     hasil   pelelangan    berada    dalam    posisi    marginal.
Modus     praktek    pelaksanaan    swakelola  :
1.     Pernyediaan     bahan   di   lakukan    melalui   proses    pengadaan    sesuai   dengan peraturan.   Namun   apakah   di   umumkan    secara    terbuka   atau  tidak? Waluhuallam
2.     Si   penyedia   bahan   juga   ternyata   merangkap   sebagai   pelaksana / pemborong pelaksana   kejahatan.
3.      Sistim    pembayaran    upah   tidak   di   laksanakan   dengan   sistim   daftar   upah tetapi   di   borongkan.     Memang    dalam    Perpres   tidak   di   rinci   secara   detail tentang    syarat  -  syarat,   tentang   siapa   saja   yang    bisa   menjadi    pemborong upah  ini,  sehingga   celah  ini  oleh   pihak   BBWS  Citanduy   bisa  di  tafsirkan   lain.
Perlu   kiranya   di   teliti   lebih   mendalam   lagi   oleh  pihak   yang   berwenang   karena berdasarkan    isu   yang   beredar   di   lapangan   si   pelaksana   swakelola    yang notabene     swasta    murni   ( bukan   pegawai )   harus   menyetor   antara  30%  sampai  40 %    ke   orang   dalam.  “ Terang  Narasumber.
                Lazimnya   biaya   yang   di   sediakan   untuk    swakelola   relatif   jauh   lebih kecil   di   banding   untuk   kegiatan   pekerjaan   pembangunan    yang   reguler,   namun berdasarkan    informasi    besar    biaya    swakelola    yang    di   sediakan    BBWS  Citanduy    pada   2011   ini   mencapai    puluhan    milyar,   jadi   tinggal   di   hitung   saja berapa   30 %   darii   nilai   anggaran    swakelola   itu. . .....?
                Ditemui   di tempat   terpisah   beberapa    rekanan    baik  pemborong   atou pelaksana    di  lapangan   membenarkan. “ Bahwa   Pekerjaan   swakelola    yang    ada   di   BBWS  Citanduy   semuanya    rata-rata  di  pinta  30%  di  muka,   hal  ini  mengagetkan   saya   ketikan    mau   mencoba    dalam   pekerjaan    swakelola   di   BBWS   Citanduy.   “ ungkap   beberapa   rekanan.                                                                      Hal   ini  di  benerkan    pula   oleh   beberapa    rekanan    senior,   atou   pun   yang   baru   mau  mencoba   meminta  pekerjaan  swakelola    di   BBWS   Citanduy.  Bila   mengacu    kepada   hasil    pelelangan   yang    sudah  -  sudah    angka  penawaran    yang    menjadi    pemenang    berkisar   70 %  dari   HPS  sehingga   uang hasil   lelang   yang   sekitar    30%   masih  utuh  tersimpan  di  Kas  Negara,  namun  dengan  system  swakelola   nampaknya   sisa   anggaran   yang    30 %    masuk   ke kantong    okunum    penyelenggara   Negara   karena    biasanya    harga   pelaksanaan  swakelola    mendekati    HPS.
                Selanjutnya     Narasumber    menjelaskan.  “ Untuk    mencari   alat   pembuktian dalam    hal    setor    menyetor    adalah   hal   yang    sulit   di    temukan,    ibarat   orang yang    buang   angin   baunya   tercium   tetapi   barangnya   tak   kelihatan   atau  seperti     beli    pulsa      :   Barang    pulsa   tidak   ada,   tapi   uangnya   ada.                                   Yang  artinya   :   Barang    bukti   tidak   ada,    tapi   uangnya    ada.   “ Jelas  Narasumber.
               Ketika  SKU  Sidak  Post  akan  meminta   penjelasan   Kepada   kepala  Balai  Besar   Citanduy ,  pihak  satpam  di  BBWS   mengarahkan   bahwa    konfirmasi  harus   melalui   Kabid   Perencanaan  yaitu  Pa Hasan  Basri,  selanjutnya   Sidak  Post   akan  menemui  pa  Hasan   Basri,   tetapi  sangat   di  sayangkan   pa  Hasan  Barsi  tidak  ada  di  ruangannya.     Kemudian   Sidak  Post   konfirmasi   ke  pa   Hasan   Basri   melalui    telepon   selurer, dan   Pa   Hasan   Basri    mengatakan    bahwa    konfirmasi    tersebut    harus   melalui Kepala   Balai   Besar   Citanduy.     Seminggu   kemudian   Sidak  Post  mendatangi   lagi  untuk  klaripikasi  kepada  kepala   BBWS,  tetapi  kepala  BBWS tidak  mau menemuinya dan  dia mendisposisikan kepada  Pa  Asep  Nanang,  ketika  bertemu  pa  Asep  Nanang langsung  membuka   internet   sambil   memperlihatkan  Keppres  54 th 2010, Sidak  Post   menerangkan  keppres  itu  benar,  tetapi  yang  di  pertanyakan  bagaimana pa? Dan Bapak  sendiri  pasti   tahu  kebenaranya?,  kalau  begitu  ini  bukan  kewenangan  saya  kata  pa  Asep  Nanang,  ini  harus  ke  pa   karsum,  dan  pa Asep  mengatakan akan  mempertemukan  kami.  Tapi  Pa Asep  tak  pernah  menghubungi,  bahkan ketika  kami klaripikasi  lewat  telepon  seluler  tentang  Swakelola  seakan tidak mau menjawabnya, dan  seolah - olah  pa  Asep  mempersilahkan  Sidak  Post  untuk memberitakannya.   ( Dedi Irpan / Usep . H ).       

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Dan bukan rahasia umum kalau wartawan juga sama sama cari duit. Cari2 kesalahan sambil minta uang dengan ancaman akan diberitakan jika tidakdikasih uang. Maling teriak maling

Posting Komentar